BAB 1 PENDAHULUAN
komputer adalah suatu alat elektronik yang di gunakan manusia untuk mempermudah pekerjaan . Kita sering melihat komputer di berbagai macam kebutuhan.hubungan komputer sangat dekat dengan manusia . komputer yang semula di gunakan untuk tugas –tugas arithmatika,kini dapat di gunakan untuk tugas tugas kehidupan kita sampai yang sangat kompleks.
Di dalam komputer terdapat sebuah Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
BAB 2 PEMBAHASAN
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Menurut von neumon menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Komponen komponen yang terdapat pada sebuah komputer adalah :
- Prosesor
- Memori
- Penyimpanan sekunder
- Perangkat Input
- Perangkat Output
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.memori adalah salah satu tempat penyimpanan pada sebuah komputer
Penyimpanan Primer
Komputer pertama menggunakan “magnetic drum” dan “magnetic core” untuk penyimpanan primer. Core merupakan potongan logam kecil menyerupai donat sebesar kepala jarum yang mudah dimagnet. Kawatkawat yang membentang melalui core mengubah medan magnet dan menentukan status magnetiknya. Sejak tahun 1964, penyimpanan yang terbuat dari integrated circuit mulai menggantikan drum dan core.
Bentuk Penyimpanan primer:
- RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
- ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
- Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
- PERALATAN INPUT
- KEYBOARD
Un
it input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.
- ALAT PENUNJUK
- Mouse
- Trackball
- Touch Screen
- Light Pen
- Unit Remote Control
- ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
- Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
- Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Cha racter Recognition).
- ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
- Mikropon
- Automatic Speech Recognation (ASR)
- Touchtone
- ALAT INPUT T VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder
- ALAT INPUT PENERIMA GERAK
- Headset
- Glove
- Walker
- PENYIMPANAN SEKUNDER
- Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
- Hard Disk : Removable dan Non removable
- Floppy Disk
- Piringan Optik : CD, DVD
- USB Flash Disk
- Smart Card
- Kartu memori
- PERALATAN OUTPUT
Dibagi menjadi dua, yaitu :
- Softcopy, terdiri dari dua jenis :
- Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
- Audio
- Hardcopy, terdiri dari :
- Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
- Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le bar
- Computer Output Microfilm (COM)
- SOFTWARE
Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :
- Perangkat Lunak Sistem
- Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
- Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
- Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
- Menjadwalkan Tugas
- Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
- Menjaga keamanan sistem
- Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
- Menangani Interrupt
- Menyiapkan catatan pemakaian
- Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
- Pene rjemah Bahasa Komputer
- Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
- Bahasa Generasi Kedua, Assembler
- Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasu
k kedalam generasi bahasa keempat :
- Database Query Language
- Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
- Very High Level Language : PASCAL, APL
- Graph Generators : paket grafik
- Report Writer : COBOL, RPG
- Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
- Perangkat Lunak Aplikasi
- Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
- Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
- Paket Aplikasi Bisnis Umum
- Paket Aplika si Khusus Industri
- Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
- Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
- PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pe
mecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
BAB 3 KESIMPULAN
Ternyata di dalam komputer terdapat sebuah komponen – komponen yang semunya berintegrasi / saling bekerja sama dan membuat suatu sistem pemrosesan. Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam peme
cahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya.
BAB 4 DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
http://dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14056/Arsitektur_komputer.doc
0 komentar:
Silakan Bekomentar.!!!
Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:7: :8: :9: :10: :11: :12:
Posting Komentar